Pesona Pantai Dato Majene di Sulawesi Barat

Pantai Dato Majene
Pantai Dato Majene, Sulawesi Barat. (Foto: Deden al Farizky)

Pantai Dato Majene – Banyak pantai indah di Indonesia dan populer di kalangan traveler. Meskipun belum sepopuler pantai-pantai lain, Pantai Dato di Kabupaten Majene Sulawesi Barat (Sulbar) ternyata punya pesona yang luar biasa. Pantai yang indah ini menjadi kebanggaan warga Majene.

Pantai Dato Majene menyajikan keindahan panorama alam dan ketenangan bagi setiap traveler yang datang. Pantai ini indah karena ada bentangan tebing batu karang di satu sisi dan pantai berpasir putih yang membentang luas di bawah tebing tersebut.

Belum seramai pantai-pantai lain, pantai ini masih alami dan terjaga dengan baik. Sudah tentu ini menjadi daya tarik bagi traveler yang ingin berkunjung saat liburan.

Baca juga:
* Pesona Pulau Tawale di Maluku Utara

Pesona Pantai Dato

Sepanjang pantai Dato, menjadi rumah bagi kepiting dan kerang. Hewan-hewan laut yang unik tersebut tentu akan menarik keingintahuan anak-anak. Selain bermain, anak-anak juga bisa belajar tentang banyak hal mengenai pantai dan laut disini.

Kalau kamu ingin berenang, pantai ini pas sekali. Karena ombak dan arus di Pantai Dato relatif tenang. Aman untuk kamu dan anak-anak. Bisa bermain di pantainya atau berenang/snorkeling agak ketengah.

Karena selain keindahan pantainya, panorama bawah laut (under water) di sekitar Pantai Dato juga indah. Menyajikan warna-warni terumbu karang dan berbagai jenis penghuni laut lainnya.

Kalau kamu suka snorkeling, kamu akan suka berlama-lama di sini. Air lautnya yang bening saja sudah menjadi hiburan tersendiri.

Bagi yang tidak suka basah-basahan bermain air dan snorkeling, berada di Pantai Dato Majene saja sudah cukup menghibur hati.

Duduk-duduk di pasir pantainya atau duduk di bawah rindangnya pepohonan sudah terasa asiknya.

Atau bisa juga duduk-duduk di sejumlah gazebo yang berada di pinggir pantai dan di atas bebatuan karang. Asik juga duduk-duduk santai memandang keindahan pantai dari gazebo di atas.

Dan menurut saran beberapa traveler yang sudah pernah datang kemari, suasana sunset di Pantai Dato Majene juga menakjubkan. Apalagi kalau kamu pergi kemari bersama pasanganmu. Bakal asik menikmati suasana romantis sunset berdua.

Kebayang kan foto-foto berdua pasanganmu di tepi pantai? Di saat cuaca cerah, pasir putih dan hijau pepohonan serta gradasi warna laut akan memanjakanmu. Dan hasil fotomu akan terlihat indah.

Banyak spot foto yang bisa kamu temukan di kawasan Pantai Dato Majene. Akan membuat kunjunganmu ke pantai ini tidak terlupakan.

Kamu bisa ekslorasi spot foto di pantai maupun di atas tebing.

Under water Pantai Dato Majene Sulawesi Barat - @muhammadyusuf_ucu
Foto Under water Pantai Dato Majene. (Foto: IG @muhammadyusuf_ucu)

Cara Menuju Pantai Dato

Lokasi Pantai Dato berada di Lingkungan Pangale, Kelurahan Baurung, Kecamatan Banggae Timur, Kabupaten Majene. Jaraknya sekitar 3 kilometer dari pusat kota Mejene, atau sekitar 10 menit berkendaraan.

Lihat lokasinya di Google Map: Pantai Dato

Kondisi jalan menuju Pantai Dato sudah baik dan mulus. Sehingga sudah lancar dilalui oleh kendaraan roda dua dan roda empat.

Di sepanjang perjalanan, kita akan dihibur oleh asrinya pemandangan hutan kecil dan kebun warga.

Setelah sampai di tempat parkir kendaraan, kita harus terlebih dahulu meniti anak tangga batu setinggi sekitar 30 meter sebelum sampai di bibir pantai.

Kalau tidak ada yang menemanimu kemari, disarankan untuk sewa mobil saja dari Majene.

Harga Tiket Masuk Pantai Dato Majene

Untuk masuk ke Pantai Dato, pengelola pantai membanderol harga tiket yag cukup terjangkau untuk semua kalangan. Harga tiket masuk Pantai Dato tidak akan membuatmu bangkrut 😀

Tiket masuk
Anak-anak: Rp 2.000
Dewasa: Rp 3.000

Fasilitas

Fasilitas di Pantai Dato belumlah selengkap pantai-pantai yang dikelola pihak swasta seperti di tempat lain. Jadi jangan berharap akan mendapatkan fasilitas-fasilitas yang kamu bayangkan.

Namun dengan keadaan yang demikian, bisa jadi menjadi daya tarik bagi kamu yang menyukai pantai yang alami apa adanya bukan?

Ada beberapa pedagang yang menawarkan aneka macam kuliner khas daerah Majene. Jadi jangan kawatir kalau kamu tidak membawa bekal dan merasa lapar.

Pantai Dato Majene - Oki Petrus Laoh
Ada beberapa gazebo untuk duduk-duduk. (Foto: Oki Petrus Laoh)

Menyimpan Potensi Alam, Sejarah, dan Budaya

Dalam rilis yang kami terima pada hari Rabu (12/6), Kadisbudpar Majene Andi Beda Basharoe menjelaskan bahwa Pantai Dato menawarkan keindahan dan ketenangan bagi setiap pengunjungnya.

“Pantai ini masih alami dan terjaga dengan baik sehingga menarik minat wisatawan untuk berkunjung terutama pada hari-hari libur,” ujarnya.

“Perairan lepas pantai Dato relatif tenang, menjadikannya tempat yang tepat untuk berenang atau sekedar bermain-main. Pokoknya wisatawan dijamin tidak akan pernah bosan berkunjung ke Pantai Dato,” bebernya pula.

Sementara ditempat terpisah, Kasubid Pengembangan Ekonomi Kerakyatan BAPPEDA Majene, Irwan Susanto mengatakan ada dampak positif dari wisata Pantai Dato Majene.

“Perkembangan wisata di Pantai Dato membuat pendapatan para pedagang kuliner ini makin baik. Dirinya pun berharap makin banyak wisatawan dari luar yang datang dan berkunjung ke Pantai Dato dan destinasi lainnya di Majene.” Ujarnya

“Potensi pariwisata Majene ini luar biasa dan layak menjadi rujukan baru bagi wisatawan. Potensinya bahkan bukan saja destinasi alam, tetapi juga destinasi sejarah dan budaya. Saat ini masih terbatas kunjungan wisatawan lokal dari Majene dan sekitarnya, itu saja sudah membangun ekonomi masyarakat. Apalagi jika makin banyak wisatawan luar yang datang,” ungkapnya.

Bagi Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar Muh. Ricky Fauziyani, potensi besar Majene menjadi sebuah permata yang siap dipoles. Tinggal terus dipromosikan diberbagai kesempatan.

“Komitmen Kemenpar untuk terus mengangkat seluruh destinasi yang potensial. Yang penting jangan ragu untuk berkoordinasi terus dengan pusat. Kami pasti akan membantu daerah-daerah yang serius mengembangkan pariwisatanya,” ucap Ricky.

Pantai Dato Majene Sulawesi Barat - @andracitta
Gradasi warna air laut di Pantai Dato Majene. (Foto: IG @andracitta)

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga ikut angkat suara. Soal potensi Majene, Mantan Dirut Telkom itu sudah tak ragu lagi. Majene memiliki Bentang alam yang luar biasa indahnya. Kekuatan budayanya juga sangat mumpuni. Siapa pun pasti betah berlama-lama berwisata di Majene. Dan pastinya wisatawan bakal ketagihan untuk kembali lagi.

“Konsepnya selalu sama 3A. Aksesnya baik, amenitasnya baik lalu didukung dengan atraksi yang berstandar global untuk mengundang wisatawan datang. Kalau soal alam dan budaya saya sudah tidak ragu lagi. Aksesnya ada Bandara Tampa Padang di Mamuju. Amenitasnya sudah sangat baik. Tinggal terus menghadirkan atraksi berkelas dunia untuk membuat wisatawan datang,” papar Menpar Arief.

Baca juga:
* Sensasi Berburu Foto Alam Liar di Savana Doro Ncanga Sumbawa

Kapan Kamu ke Pantai Dato Majene?

Sudah membaca tentang potensi wisata Pantai Dato dari awal sampai akhir? Bagaimana menurutmu keindahannya, layak untuk didatangi?

Tertarik untuk traveling berlibur kemari?

Oya, di bulan tertentu seperti Agustus hingga September, biasanya di Pantai Dato ada acara rutin dan menarik. Yaitu lomba perahu tradisional Suku Mandar, yang dikenal dengan nama Sandeq Race.

Perahu Sandeq adalah perahu bercadik yang mengandalkan tiupan angin untuk bergerak di lautan.

Bukan hanya alamnya saja, budaya lokal di sekitar Pantai Dato Majene Sulawesi Barat juga memesona.

Mari berbagi