10 Rekomendasi Wisata Kuliner Garut, Enak dan Murah!

Kuliner Garut – Asik banget liburan di Garut Jawa Barat yang memiliki udara sejuk dan segar. Kamu bisa jalan-jalan ke beberapa tempat wisata yang menarik. Kalau lapar tinggal mencari kuliner Garut atau tempat makan di Garut yang enak-enak.

Wisata alamnya cukup beragam, demikian juga wisata Kuliner yang bisa kamu eksplorasi. Mungkin kamu sering menjumpai kuliner Garut atau Sunda dimana-mana, namun menikmati Kuliner Garut di tempat asalnya yang sejuk tentu akan lebih asik.

Daftar Isi:

Garut secara administratif masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Barat. Tak mengherankan kalau kuliner yang disajikan pun masih dipengaruhi citarasa Sunda. Rasanya yang segar dan nikmat, akan membuat lidah kamu terpikat dan berlanjut untuk mencicipi menu-menu lainnya.

Baca juga:
* 10 Tempat Wisata di Garut, Yang Mana Favoritmu?
* Oleh-oleh Khas Garut, Nomor 7 Bikin Kamu Cepat Move On

Kuliner Garut

Kalau kamu pernah makan di Garut, yakin banget kalau ingin datang kembali untuk berburu hidangan khas yang tersedia di berbagai tempat makan di Garut. Mencoba makanan ringannya hingga ke makanan berat. Semuanya terasa nikmat.

Apa saja kuliner garut dan tempat makan di Garut mana yang enak? Berikut ini kami ulas singkat beberapa kuliner yang bisa kamu coba.

1. Nasi Liwet Asep Stroberi

Rumah Makan Liwet Pak Asep Stroberi
Menu di Rumah Makan Liwet Pak Asep Stroberi. (Sumber: asepstroberi.co.id)

Indonesia ini memang kaya dalam dalam mengolah makanan. Dari beras saja, masyarakat Indonesia sudah bisa memasak aneka makanan yang lezat walau dengan bumbu sederhana saja.

Salah satunya adalah nasi liwet khas Sunda yang gurih rasanya. Nasi liwet ini menjadi primadona untuk berbagai suasana.

Saat kamu traveling ke Garut, salah satu hidangan yang wajib kamu coba adalah nasi liwet Pak Asep Stroberi. Nasi liwetnya disajikan dalam kastrol dengan aroma rempah yang semerbak.

Kalau memilih menu paketan, kamu akan mendapat nasi liwet dengan beragam lauk. Ada ayam, bebek, ikan, ikan asin, tahu, tempe, sambal, dan juga lalapan.

Rumah Makan Asep Stroberi ada di beberapa lokasi di Garut. Tinggal pilih saja mana yang menarik bagimu. Salah satunya ada di jalan Raya Kadungora No.245 Garut.

Rumah Makan Liwet Pak Asep Stroberi adalah salah satu tempat wisata kuliner parahiyangan yang didirikan pada tahun 2006. Rumah makan pertamanya ada di Nagreg.

Diberi nama Asep Stroberi, karena Pak Asep Haelusna sebagai pendiri rumah makan ini mempunyai sejarah yang kuat dengan buah stroberi.

Restoran Liwet Asep Stroberi juga dikenal dengan julukan Asstro.

Harga makanan: Rp. 75.000 untuk paket liwet 2 orang.
Harga minuman: Rp. 15.000 untuk jus mangga / jeruk.
Minuman lain: Rp. 6.000 – Rp. 35.000

2. Sate Maranggi Pa Nur

Sate Maranggi Pa’ Nur - happy wife
Sate Maranggi Pa’ Nur. (Foto: happy wife)

Sate Maranggi memang terkenal di Purwakarta. Namun bukan berarti di daerah lain tidak ada yang menyajikannya. Untuk di Garut, yang terkenal adalah Sate Maranggi Pa’ Nur.

Dari sisi menu yang dihidangkan, Sate Maranggi Pa’ Nur cukup menggugah selera. Rasanya nikmat, dengan tekstur daging yang empuk.

Suasana di warung Pa Nur sangat nyaman, walaupun berada di sebelah jalan raya. Bagian belakang terdapat saung dan kolam ikan, dengan tempat makan terdapat lesehan.

Pecinta kuliner bisa menjumpainya di Jalan Raya Semarang No.119 Tarogong Kidul, Garut.

3. Soto Ayam Garut

Soto Ayam Garut - Soto Ahri - @sandra_rosalin
Soto Ahr. (Foto: IG @sandra_rosalin)

Soto ayam ini cukup terkenal di kalangan wisatawan. Penyajiannya sangat menggugah selera. Kuahnya memiliki citarasa asin dan gurih. Paduan keduanya dihasilkan dari campuran santan kuning pekat dan rempah-rempah pilihan.

Salah satu penyedia Soto Ayam Garut adalah Kedai Soto Ahri yang berada di Jalan Mandalagiri dan Jalan Cimanuk No.297 Garut.

Menu yang tersedia di Kedai Soto Ahri ini ya cuma soto. Tinggal pilih, apa mau pakai nasi atau tidak, satu porsi atau setengah porsi. Dan mau daging sapi atau daging ayam.

Rasa Soto Ahri asin gurih, menggunakan kuah santan dengan bumbu dan rempah-rempah. Selain daging, kuah sotonya ditaburi kacang kedelai goreng dan daun bawang.

Daging sapinya empuk. Untuk soto ayam, bercampur tulang dan daging.

Harga:
Nasi soto sapi: Rp. 24.000
Nasi soto ayam: Rp. 20.000

4. Bakso Mang Ano

Bakso Mang Ano - wisatakulinerdigarut.blogspot. com
Bakso Mang Ano. (Foto: wisatakulinerdigarut.blogspot.com)

Dimana-mana selalu ada yang menjual kuliner bakso. Termasuk di Garut, bakso juga menjadi kuliner favorit masyarakat setempat dan pendatang.

Yang populer di Garut adalah Bakso Mang Ano dengan bakso uratnya yang begitu menggoyang lidah.

Rasanya demikian gurih, ditambah dengan potongan kulit kepala sapi yang memiliki tekstur empuk.

Kamu bisa nikmati Bakso Mang Ano di Jalan Raya Cipanas No.23, Langensari, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut.

5. Baso Aci (Baci)

Baso Aci Baci - baso aci ceu imas - @deviutari_dr
Baso Aci Ceu Imas. (Foto: IG @deviutari_dr)

Baso aci atau yang akrab sebut baci, merupakan inovasi kuliner yang sedang ngetren.

Di Garut sendiri, banyak sekali penjual baso aci yang bisa dicoba, salah satunya Baso Aci Ceu Imas. Kedai bakso yang berada di Jalan Karacak ini menjual seporsi bakso dengan harga Rp25 ribu. Harga tersebut sudah termasuk baso sapi, ceker, tetelan, baso tahu, tahu kering, siomay, dan baso aci.

Kamu juga bisa meminta pelengkap lain seperti mi dan bihun, irisan daging ayam, saos sambal, serta jeruk limau.

Baca juga:
* 10 Tempat Wisata di Garut, Yang Mana Favoritmu?
* Oleh-oleh Khas Garut, Nomor 7 Bikin Kamu Cepat Move On

6. Rumah Makan Cibiuk

Rumah Makan Cibiuk - tempat makan enak di garut - @qiaraqalista
Rumah Makan Cibiuk – tempat makan enak di Garut. (Foto: IG @qiaraqalista)

Bagi penggemar sambal dan ingin mencoba sambal yang unik, silakan coba sambal Cibiuk. Sesuai namanya, sambal ini berasal dari Desa Cibiuk.

Salah satu rumah makan yang menyediakan sambal ini adalah Rumah Makan Cibiuk. Untuk menambah lezatnya, Anda bisa menikmati dengan sajian ikan gurame.

Selain itu, Kamu bisa memesan menu lain misalnya pepes peda, tumis genjer, tumis kangkung, tumis toge jambal roti, dan sayur asam.

Rumah Makan Cibiuk berada di Jl. Otista No. 321 Garut.

7. Es Goyobod

Es Goyobod - @esgoyobodasligarut
Es Goyobod. (Foto: IG @esgoyobodasligarut)

Setelah puas menikmati makanan khas Garut, pecinta kuliner bisa menyegarkan tenggorokan dengan Es Goyobod.

Minuman yang biasanya dijual di depan alun-alun Garut ini memiliki tampilan yang mirip dengan es campur.

Bedanya, Es Goyobod ini memiliki potongan tepung aren yang dicampur buah alpukat. Lengkap dengan potongan roti tawar, pacar cina, kolang-kaling, kelapa muda, gula aren. Serta ditaburi parutan es batu dan susu kental manis.

8. Rumah Makan Sari Cobek Cangkuang

Rumah Makan Sari Cobek Cangkuang - tempat makan di garut - saricobekcom
Rumah Makan Sari Cobek Cangkuang – recommended sebagai tempat makan di Garut. (Foto: saricobekcom)

Rumah Makan Sari Cobek Cangkuang adalah salah satu tempat makan di Garut yang cocok untuk acara bersama, seperti familly gathering.

Fasilitas yang tersedia di sini juga cukup komplit. Menu utama yang diberikan adalah menu makanan khas Sunda.

Rumah Makan Sari Cobek Cangkuang beralokasi di parkir objek wisata Candi/ Situ Cangkuang, Leles, Kabupaten Garut. Rumah makan ini memiliki daya tampung sekitar 250 orang.

9. Mie Bakso Parahyangan

Mie Bakso Parahyangan - bakso di garut - @fajarsatritama
Mie Bakso Parahyangan – bakso enak di Garut. (Foto: IG @fajarsatritama)

Mie Baso Parahyangan sudah terkenal sejak dulu. Menunya didominasi berbagai varian mie. Mulai dari mie kuah, yamien asin/manis, bihun kuah serta yahun asin/manis.

Isian kuahnya juga cukup beragam. Ada baso, pangsit, babat, siomay dan tahu. Ada juga mie/bihun masak dan mie/bihun goreng.

Selain mie dan bihun, mereka juga ada nasi tim ayam, nasi goreng, cap cay dan lo cu pan.

Mau mencobanya? Meluncur saja ke Jalan Ciledug No.35, Regol, Garut.

10. Kue Balok Maranti

Kue Balok Maranti - @lina_herlina1109
Kue Balok Maranti. (Foto: IG @lina_herlina1109)

Kalau kamu sudah pernah jalan-jalan ke Garut, pasti sudah mengetahui keberadaan Kue Balok. Kue ini memang berbentuk balok dan pernah populer di sinetron Preman Pensiun.

Kue balok adalah penganan kue basah tradisional yang sekilas mirip dengan kue pukis. Namun berbeda rasanya dan isiannya.

Kue balok dibuat dengan cetakan yang dipanggang di atas bara arang.

Sebagian warga Garut sering menjadikan kue balok ini sebagai menu sarapan. Apalagi kalau disajikannya bersama secangkir kopi atau susu hangat.

Salah satu yang menjual kue balok adalah Kue Balok Maranti bisa ditemukan di Jalan Raya Kadungora, Karangmulya, Kabupaten Garut.

Baca juga:
* Kue Balok Garut, Gurih dan Lumer di Mulut
* Liburan ke Cianjur? Kunjungi 10 Tempat Wisata ini

Kuliner Garut Asik Kan?

Nah, demikian lah beberapa tempat makan di garut yang bisa kamu kunjungi. Juga beberapa jenis kuliner garut yang bisa kamu icip-icip.

Kamu bisa makan siang atau makan malam di RM Asep Stroberi yang menawarkan tempat makan yang nyaman dengan suasana menyegarkan. Dan tentu saja bisa nikmati nasi liwet dan menu-menunya yang nikmat.

Bisa makan siang Soto Garut dengan kuah yang gurih. Atau makan bakso dan baso aci ala Garut.

Yang jelas kalau traveling ke Garut ke berbagai tempat wisata di Garut, jangan kelewatan mencoba beragam kuliner Garut yang menggoda selera.

Selamat jalan-jalan dan menikmati kuliner Garut.