Kota Tangerang Merupakan Adaptasi Dari Kata Tengger Yang Artinya?

Oleh masyarakat sekitar, bangunan tugu tersebut disebut ‘tengger’ atau ‘tetengger’ yang dalam bahasa sunda berarti tanda atau penanda. Sesuai dengan julukannya, fungsi dari tugu tersebut memang sebagai penanda pembagian wilayah antara Kesultanan Banten dengan pihak VOC Belanda.

Apa yang dimaksud dengan Kota Tangerang?

Kota Tangerang ( Aksara Sunda: ᮊᮧᮒ ᮒᮍᮨᮛᮀ) adalah kota yang terletak di Tatar Pasundan Provinsi Banten. Kota ini terletak tepat di sebelah barat ibu kota Indonesia, Jakarta. Tangerang merupakan kota terbesar di Provinsi Banten serta ketiga terbesar di kawasan Jabodetabek setelah Jakarta dan Bogor.

Apa Arti Lambang Kota Tangerang?

Pada lambang Kota Tangerang juga terdapat gambar roda besi dan landasan pacu. Roda besi dapat digunakan untuk menggambarkan bahwa kota ini merupakan kota industri. Roda besi juga memiliki 17 gerigi sebagai simbol tanggal Kemerdekaan.

Apa yang dimaksud dengan Tangerang?

Kata kedua sebagai asal mula nama Tangerang adalah kata ‘perang’ yang merujuk pada perjalanan sejarah perbatasan kesultanan Banten dengan Pemerintah VOC yang sering dijadikan medan pertempuran. Lama berselang, penyebutan Tangerang mulai…

Bagaimana sejarah Kota Tangerang?

Tangerang memiliki sejarah panjang yang menarik untuk dikulik, salah satunya terkait asal mula nama Kota Tangerang sendiri. Kota Tangerang bisa dikatakan kota yang kecil, setelah terjadi pemekaran Tangerang Raya pada 1993 silam. Tangerang resmi memisahkan diri dari Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang.

Apa yang dimaksud dengan Tangerang?

Asal Usul Nama Tangerang

Jadi Tangerang mempunyai arti tugu, batas pertempuran, tugu tersebut lazimnya oleh masyarakat disebut benteng atau batas daerah, wilayah yang dikuasai oleh Kesultanan Banten di sebelah sungai. Wilayah yang dikuasai Kompeni Belanda di sebelah timur Sungai Cisadane.

See also:  Tempat Makan Yang Enak Di Kota Tangerang?

Apa arti dari semboyan Kota Tangerang?

Arief juga menerangkan bahwa Tagline ‘Sehat dan Berdaya Saing’ pada tema besar peringatan HUT Kota Tangerang ke-29 Tahun memiliki arti nilai – nilai semangat dan sehat, serta pantang menyerah untuk bersama – sama bangkit dalam menggapai harapan yang lebih baik mewujudkan Kota Tangerang yang berdaya saing.

Tangerang menggunakan bahasa apa?

‘Ada 3 bahasa yang digunakan oleh masyarakat Banten, seperti Bahasa Sunda, Bahasa Jawa Banten atau Jawa Serang atau Bebasan, kemudian Bahasa Melayu Tangerang atau Betawi Tangerang,’ kata Halimi kepada Kabar Banten.

Apakah sebutan lama dari Kota Tangerang?

Daerah di sekitar benteng pertahanan yang dibangun ketiga maulana disebut masyarakat dengan istilah daerah Benteng. Hal ini turut mendasari sebutan Kota Tangerang yang dikenal dengan sebutan Kota Benteng.

Apakah Tangerang termasuk Banten?

Di samping itu Banten merupakan jalur penghubung antara Jawa dan Sumatera. Bila dikaitkan posisi geografis dan pemerintahan maka wilayah Banten terutama Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang merupakan wilayah penyangga bagi Jakarta. Secara ekonomi wilayah Banten memiliki banyak industri.

Apa artinya Bhakti Karya Adhi Kerta Raharja?

Motto dari Kota Tangerang adalah “Bhakti Karya Adhi Kertaraharja”, yang artinya semangat pengabdian dalam bentuk karya pembangunan untuk kebesaran negeri dan kemakmuran serta kesejahteraan wilayah. Melambangkan keagamaan. Melambangkan pula bahwa masyarakat Kotamadya Dati II Tangerang adalah agamis.

Apa Arti Satya Karya Kerta Raharja?

Motto daerah yang terkandung dalam lambang daerah adalah “SATYA KARYA KERTA RAHARJA”, yang artinya adalah “Dengan dasar kesetiaan dan ketaatan kepada pemerintah dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) disertai do’a dan kerja keras kita wujudkan masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur dari segi fisik, material,

See also:  Taman Makam Pahlawan Yang Berada Di Kota Tangerang Bernama?

Apa makna warna hitam dalam Lambang daerah Kota Tangerang?

Hitam berarti ketabahan dan keteguhan, sedangkan kuning adalah kewibawaan dan keadilan. Kemudian, di bawahnya terdapat bintang yang diapit padi dan kapas. Bintang dapat mencerminkan masyarakat yang agamis.

Banten menggunakan bahasa apa?

Provinsi Banten

Bahasa Sunda dituturkan oleh masyarakat yang berada di Pulau Jawa bagian Barat. Selain di Jawa Barat dan Banten, bahasa ini juga memiliki sebaran di beberapa wilayah Indonesia lainnya, misalnya di DKI Jakarta, Jawa Tengah, Lampung, Bengkulu, dan Sulawesi Utara.

Kabupaten Tangerang termasuk suku apa?

Suku aslinya adalah Suku Sunda Banten. Pada tahun 2021, jumlah penduduk kota Tangerang sebanyak 1.853.462 dengan kepadatan 12.041 jiwa/km2. Tangerang merupakan kota terbesar di Provinsi Banten serta ketiga terbesar di kawasan Jabodetabek setelah Bekasi dan Depok.

Banten itu Jawa Apa Sunda?

Seperti yang kita ketahui Provinsi Banten merupakan pemekaran dari provinsi Jawa Barat yang notabene masyarakatnya menggunakan Bahasa Sunda.

Tangerang Masuk jawa apa?

Setelah terjadi pemekaran wilayah Provinsi Jawa Barat berdasarkan Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2000 tentang Pembentukan Provinsi Banten, Kota Tangerang termasuk dalam wilayah bagian timur Provinsi Banten dan berjarak ± 27 km dari Ibukota Negara Republik Indonesia.

Tangerang terletak di mana?

Tangerang (bahasa Sunda: aksara Sunda: ᮒᮍᮨᮛᮀ) adalah kota yang terletak di Provinsi Banten, Indonesia. Kota ini terletak tepat di sebelah barat kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat. Suku aslinya adalah Suku Sunda Banten. Pada tahun 2021, jumlah penduduk kota Tangerang sebanyak 1.853.462 dengan kepadatan 12.041 jiwa/km2.

Kabupaten Tangerang kota apa?

Kabupaten Tangerang
Negara Indonesia
Provinsi Banten
Hari jadi 13 Oktober 1632
Ibu kota Tigaraksa
See also:  Sebutkan 4 Hal Yang Menghambat Kemajuan Kota Tangerang Selatan?

Tangerang Masuk jawa apa?

Setelah terjadi pemekaran wilayah Provinsi Jawa Barat berdasarkan Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2000 tentang Pembentukan Provinsi Banten, Kota Tangerang termasuk dalam wilayah bagian timur Provinsi Banten dan berjarak ± 27 km dari Ibukota Negara Republik Indonesia.

Kabupaten Tangerang Banten Provinsi apa?

Letak Geografis Kabupaten Tangerang

Secara geografis, letak Kabupaten Tangerang yang merupakan bagian dari wilayah administratif Provinsi Banten yang berada antara 6 ‘0 – 6 ’20 Lintang Selatan dan 106 ’20- 106 ’43 Bujur Timur​.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Adblock
detector